Pelaksanaan Penguatan Peran Aktif Masyarakat (PPAM) terhadap Sistem Pengelolaan Sampah

  • Jul 05, 2024
  • Gaji
  • Gotong Royong, Pemberdayaan Masyarakat

Pemdes Gaji - Rabu, 19 Juni 2024 telah dilaksanakan kegiatan Penguatan Peran Aktif Masyarakat (PPAM) terhadap sistem pengelolaan sampah oleh Kementerian PUPR yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa Gaji. Kegiatan ini diikuti oleh Masyarakat Desa Gaji, Perangkat Desa, Camat Kerek berserta staf dan narasumber dari Kementerian PUPR.

Kegiatan ini dibuka oleh Camat Kerek kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Sai’un Ngalim selaku narasumber yang mengajak masyarakat Desa Gaji untuk mengelola sampah rumah tangga secara mandiri dengan program ISWMP (Improvement Of Solid Waste Management To Support Regional Area And Meteopolitan Cities).

ISWMP merupakan program berskala nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan sampah yang beradaptasi dengan berbagai kondisi perkotaan yang berbeda di Indonesia. ISWMP ini akan dikembangkan di beberapa kabupaten/kota terpilih di Indonesia, termasuk Kabupaten Tuban.
Dalam sosialisasi ini dipaparkan pula bahwa dalam pengelolaan sampah sebaiknya masyarakat dapat memilah antara sampah organik dan non organik. Memanfaatkan sampah organik sebagai pupuk, media tanamdan non organik sebagai kerajinan atau daur ulang lainnya. Sehingga sampah yang didisteibusikan ke TPA sebagai sampah yang tidak bisa dimanfaatkan lagi.
Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah masyarakat  mampu menjadi nasabah Bank Sampah, maupun juga mengembangkan Penyelenggaraan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R), dengan pola pendekatan pengelolaan persampahan pada skala komunal atau kawasan, dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat, melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat.