Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Baru Tahun 2024

  • Jul 07, 2024
  • Gaji
  • Gotong Royong, Pemberdayaan Masyarakat

Dinas Sosial, P3A dan PMD Kabupaten Tuban sukses menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas bagi perangkat desa di Hotel Mustika Tuban. Acara yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 4 Juli 2024 ini dibagi menjadi 3 gelombang dan diikuti oleh lebih dari 120 perangkat desa dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tuban. Adapun dari Pemerintah Desa Gaji sendiri dihadiri oleh 2 perangkat desa baru yakni Aron Salim pada gelombang pertama dan Moh. Mas'ud Afif pada gelombang kedua.

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya dinas sosial untuk memperkuat kemampuan perangkat desa dalam menyediakan layanan sosial yang lebih baik bagi masyarakat desa. Materi pelatihan mencakup Manajemen Pemerintahan Desa, Pelaksanaan Tugas Pokok Aparatur Pemerintahan Desa, Pengelolaan Keuangan Desa (Perencanaan), Perencanaan Pembangunan Desa (RKP Desa) dan teknik komunikasi efektif dalam menangani berbagai permasalahan sosial di tingkat lokal desa.

Salah satu pemateri, Bapak Suhut, menyampaikan pentingnya peningkatan kapasitas ini untuk mendukung program-program pembangunan sosial yang lebih inklusif dan berdaya guna. "Dengan meningkatnya kapasitas perangkat desa, kami berharap dapat lebih efektif dalam memberikan layanan sosial yang berkualitas dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Selain sesi pelatihan, acara ini juga melibatkan diskusi panel antara perwakilan perangkat desa dengan para pemateri. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang isu-isu sosial aktual dan strategi terbaik dalam menghadapinya.

Partisipasi aktif dari perangkat desa dalam acara ini menunjukkan komitmen mereka untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Diharapkan, hasil dari pelatihan ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi pelayanan kepada warga desa dan kesejahteraan sosial di Kabupaten Tuban.