Andil Pemuda Cegah Korupsi

  • Oct 25, 2023
  • Gaji

Permasalah korupsi di Indonesia yang semakin merajalela mulai dari pemerintahan pusat, pemerintahan daerah, sampai sendi kehidupan masyarakat secara umum memerlukan strategi pemberantasan yang efektif. Salah satu yang harus dilibatkan dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi adalah pemuda. Pemuda harus ikut berperan aktif dalam pencegahan korupsi. Salah satu yang bisa dilakukan oleh pemuda adalah melaksanakan sosialisasi anti korupsi kepada masyarakat secara umum. Proses penindakan kasus korupsi yang dilakukan oleh KPK dibarengi dengan gerakan sosialisasi anti korupsi diharapkan akan mengoptimalkan proses pemberantasan korupsi di Indonesia.

Seperti yang dilakukan oleh Moh. Nanang Qosim salah satu tokoh pemuda di Desa Gaji juga turut serta dalam sosialisasi anti korupsi khususnya media sosial. Upaya ini dilakukan karena inisiatif sendiri karena keprihatinannya terhadap kasus korupsi di Indonesia yang semakin marak. Pemuda yang juga merupakan Pengurus Karang Taruna ini menyayangkan dan tidak membenarkan tindak pidana korupsi yang dilakukan tokoh - tokoh oknum pejabat negara karena merugikan masyarakat terutama masyarakat kecil.

Peraih Juara III Lomba Batik tingkat Provinsi Jawa Timur ini juga mengajak kita untuk meneladani dan mengamalkan sembilan nilai integritas yang bisa mencegah terjadinya tindak korupsi. Kesembilan nilai itu adalah jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil.