Bu Tonik Ajak Murid Pendidikan Anak Usia Dini Cegah Korupsi

  • Nov 19, 2023
  • Gaji
  • Pemberdayaan Masyarakat

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pondasi pencegahan korupsi sejak usia dini. Sebab, setiap anak lahir dengan potensi jujur, namun apa yang didengar, dilihat, dan dialami anak akan tersimpan di memori otaknya. Kemudian memori inilah yang menjadi penentu sikap, tindakan, dan perilaku jujur anak di usia selanjutnya.

Tingginya korupsi dan budaya ketidakjujuran tergantung pendidikan yang memberikan pembelajaran dan pembiasaan. Lalu, inilah menjadi memori yang mendasari perilakunya korupsi atau tidak. Orang dewasa hari ini tergantung pembelajaran dan memorinya sejak usia dini, sehingga PAUD adalah pondasi pencegahan antikorupsi.

Sebagai guru di TK Bumi Pertiwi Desa Gaji Bu Tonik ajak murid – muridnya untuk mencegah korupsi sejak dini melalui Pendidikan karakter, perilaku dan agama Islam. Dengan ketenangan dan kesabaran tinggi Bu Tonik selalu mengingatkan anak muridnya supaya berperilaku jujur, berani dan menghargai hak orang lain.

Guru TK yang sekaligus sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Desa Gaji ini juga selalu mengajarkan Sembilan nilai anti korupsi yaitu jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil agar nantinya diamalkan sejak kecil sehingga terbawa hingga dewasa.