Desa Gaji Ikuti Sosialisasi Desa Anti Korupsi

  • Dec 13, 2023
  • Gaji

Pemdes Gaji - Pemerintah Desa Gaji mengikuti kegiatan sosialisasi replikasi desa anti korupsi yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni pada hari Rabu - Kamis (15-16/11/23) di Hotel The Aliante Hotel And Convebtion Center Kota Malang dan diikuti oleh 51 Desa dari 17 Kabupaten se-Jawa Timur serta Kota Batu, yang masing-masing Kabupaten/Kota mengirimkan 3 perwakilan desa dimana Kabupaten Tuban mengirimkan 3 desa yaitu Desa Rayung dari Kecamatan Senori, Desa Sugian dari Kecamatan Merakuran dan Desa Gaji dari Kecamatan Kerek. Tiga desa tersebut adalah Desa terbaik sebagai delegasi Desa Anti Korupsi se-Kabupaten Tuban.

Program Desa Anti Korupsi sendiri merupakan program yang diinisiasi KPK bekerja sama dengan Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Keuangan dan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan tujuan untuk sama-sama melakukan pencegahan tindakan korupsi yang dimulai dari desa.

Dalam sosialisasi ini disampaikan beberapa materi tentang tindak pidana korupsi secara umum dan teknis pelaksanaan lomba Desa Anti Korupsi oleh Inspektorat Provinsi Jawa Timur serta Dinas PMD Provinsi Jawa Timur. Kegiatan sosialisasi tersebut membedah lima komponen yang mereplikasikan desa anti korupsi. Lima komponen tersebut adalah penguatan tata laksana, penguatan pengawasan, penguatan kualitas pelayanan public, penguatan pertisipasi masyarakat dan kearifan lokal. Lima komponen tersebut harus dipenuhi dan akan diobservasi untuk menentukan desa terbaik.

Selain itu, pemerintah desa juga aktif memanfaatkan media sosial dan sarana komunikasi lainnya untuk menyampaikan informasi terkait program anti korupsi kepada masyarakat. Berbagai poster, leaflet, dan video singkat disebarkan untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi aktif masyarakat dalam upaya pencegahan korupsi.