UPTD Puskesmas Gaji dan Pemerintah Desa Gaji Laksanakan Verifikasi Desa ODF

  • Sep 26, 2023
  • Gaji
  • Pemberdayaan Masyarakat, Kesehatan

Pemdes Gaji - Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari buang air besar sembarang menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Tuban.  Menindaklanjuti Surat Edaran tersebut UPTD Puskesmas Gaji dan Pemerintah Desa Gaji melaksanakan kegiatan verifikasi desa ODF di Desa Gaji pada hari Selasa (26/09/2023) yang dibuka dan pengarahan di Balai Desa Gaji serta survey lapangan yang dilaksanakan di rumah warga. Kegiatan ini diikuti oleh UPTD Puskesmas Gaji, Pemerintah Kecamatan Kerek, Pemerintah Desa Gaji, Babinsa dan Kader.

Kepala Desa Gaji Ibu Colina Ratna Yunita dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam upaya ODF telah melakukan pembangunan jamban bagi masyarakat Desa Gaji sebanyak 6 jamban pada tahun 2021, 6 jamban di tahun 2022 dan 4 jamban di tahun 2023.

Dipertegas lagi melalui sambutan Camat Kerek yang diwakili Bapak Saifudin Zihri mengatakan kegiatan ini dilakukan sesuai Surat Edaran Bupati Tuban bahwa di Tahun 2023 Kabupaten Tuban harus Lulus ODF yang tentunya menjadi tanggungjawab seluruh stakeholder.

Selanjutnya setelah dilaksanakan pengarahan oleh Ibu Kepala UPTD Puskesmas Gaji beserta petugas, dilaksanakanlah survey yang dilakukan oleh 4 tim perdusun ke 15 rumah warga disetiap timnya sesuai formulir indikator yang sudah disiapkan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tuban dengan kesimpulan perhitungan akhir bahwa Desa Gaji Lulus ODF dengan Komitmen.